Selasa, 09 April 2013

TYPES OF VERBS

 ini makalah saudari AZMIA

A.                                                                                                                                                               Definition  of verbs
Verb (kata kerja) : adalah kata yang menggambarkan tindakan atau keadaan.untuk menentukan apakah sebuah kata adalah verb,kita tidak bisa melihat dari arti kata tersebut dalam bahasa indonesia.
Contoh:
·                                                                                                                                           John adalah seorang guru
Secara sepintas tidak ada kata kerja(verb)pada kalimat di atas.tetapi jika kita terjemahkan ke dalam bahasa inggris,maka kita akan mendapati kata kerja di dalamnya.
·                                                                                                                                           John is a teacher
Dalam bahasa inggris,is adalah kata kata kerja,karena ia mempunyai bentuk present,past,past participle dan present participle,seperti terlihat pada tabel berikut:
present
past
Past part.
Present part
Is
was
been
being
Jadi ciri khas kata kerja adalah bisa diubah menjadi empat bentuk di atas(kecuali modals).
B.                                                                                                                                                               Kinds of Verbs (Macam kata kerja)
1. Transitive Verbs
Yaitu kata kerja yang membutuhkan obyek.artinya,jika kata kerja tersebut tidak ditambahkan obyek,maka artinya belum lengkap. Kata kerja Transitive diantaranya adalah: Drink, watch, read, fill, open, close, dll.
Contoh:
·        He watches the film.
(Kalimat ini tidak akan lengkap, jika “the film” kita hilangkan. Orang lain akan bertanya-tanya – menonton apa?, maka watch (menonton) membutuhkan object agar makna kalimat tersebut dapat dipahami).
Dengan kata lain, kata kerja ini tidak dapat berdiri sendiri tanpa noun(kata benda) atau pronoun (kata ganti) sebagai obyek.
Contoh :
·        She made a cake
Dia membuat roti
(Kata made (membuat) tidak dapat berdiri sendiri dan tidak memiliki arti dalam kalimat jika tidak ditambah dengan kata a cake(roti)sebagai obyek).
Pada umumnya kata kerja transitif hanya memiliki satu buah obyek saja. Obyek tersebut dapat berupa :
1.      Noun (kata benda).
Contoh :  
·        I have bought a car.
 Saya telah membeli sebuah mobil.

2.      Pronoun (kata ganti).
Contoh :  
·        I will see it
 Saya akan melihatnya.

3.      Infinitives (kata kerja dasar).
Contoh:  
·        I want to swim
Saya ingin berenang.

4.      Gerund (kata kerja yang dibendakan).
Contoh :  
·        He likes climbing.
Dia suka mendaki.

5.      Phrases (frasa)
Contoh :   
·        They don’t know how to make it go.
Mereka tidak tahu bagaimana membuatnya berjalan.

6.               Clause (Klausa).
Contoh :
·        I don’t know what you want.
Saya tidak tahu apa yang kamu inginkan.

Tetapi ada beberapa kata kerja transitif yang memiliki dua buah obyek (doble object).Yang satu pada umumnya merupakan nama benda tertentu, sedangkan yang lain merupakan orang atau hewan tertentu. Benda yang disebutkan dinamakan Direct Object (obyek langsung) dan orang atau hewan yang disebutkan dinamakan Indirect Object (Object Tak Langsung).
Contoh :
·        I brought her a book
Saya membawakan sebuah buku untuknya
A book= Direct Object
Her = Indirect Object
Yang perlu diketahui bahwa Indirect Object selalu terletak sebelum atau di depan Direct Object. Apabila Direct Object diletakan setelah atau dibelakang Indirect Object, maka harus menggunakan kata depan (preposition) to dan for.
Contoh :
·           I made a kite for him
        Saya membuat sebuah layang-layang untuknya.
a kite = Direct Object
Him = Indirect Object

2. Intransitive Verbs (Kata Kerja Yang Tidak Membutuhkan Objek)
Yaitu adalah kata kerja yang tidak membutuhkan obyek. karena sudah dapat dipahami dengan sempurna makna kalimat tersebut. Kata-kata kerja yang termasuk Intransitive verbs diantaranya adalah: Shine, come, sit, boil, sleep, fall, cry, dll.
Contoh:
·        She is sleeping
Ia sedang tidur
Kata kerja to sleep sudah jelas artinya,meskipun tidak ditambahkan obyek.jika kita memaksakan untuk menambah obyek pada kata kerja tersebut,maka secara grammar menjadi salah.
Catatan:
Ada juga beberapa kata kerja yang dapat bisa digunakan secara transitive maupun intransitive verbs.
Contoh:
·        Most birds can fly         (intransitive)
·        The pilot will fly the plane          (transitive)
Ada juga terdapat beberapa kata yang tulisannya dan bahkan artinya hampir sama.
Contoh:
·        Nita is laying a book on the table. (transitive)
Nita meletakkan sebuah buku di atas meja
·        She is lying on the sofa. (intransitif)
Ia berbaring di atas sofa.
            Selain transitive dan intransitive verbs,terdapat beberapa kata kerja mempunyai ejaan atau arti yang hampir sama.
            Contoh:
·        Affect-effect
Ada beberapa verb intransitive yang memakai Objective Noun yang mempunyai satu kesatuan makna dengan kata kerjanya. Objeknya disebut Cognate Object.

Contoh:
·        He played the fool.
(Dia bermain gila-gilaan).
Ada beberapa verb transitive dan intransitive walaupun sudah mempunyai object tetapi artinya belum sempuma sebelum ditambah kata-kata lain.
Kata Kerja jenis ini diantaranya adalah: make, name, call, find, declare, suppose, consider, bring, give, appoint, seen, hear, dll.
Contoh:
·           I will make you happy.

C.     Types of verbs
1. Regular Verb
Regular Verb adalah kata kerja yang dapat berubah-ubah sesuai dengan bentuk tense; dan perubahan bentuk kata kerja itu secara teratur. Regular verbs, yang dalam bahasa Indonesia disebut “Kata Kerja Beraturan“, adalah kata-kata kerja dimana bentuk verb1 ke verb2 atau ke verb3  berubah dengan menambahkan imbuhan -ed, atau hanya dengan menambahkan imbuhan -dsaja jika verb-nya diakhiri dengan huruf e.
Contoh perubahan Kata Kerja jenis ini adalah:
·        Call – called – called
memanggil
2. Irregular verb
Irregular Verb adalah kata kerja yang mempunyai fungsi sama dengan regular verb, tetapi perubahan bentuk kata kerja ini secara tidak teratur. irregular verbs (Kata Kerja Tidak Beraturan) adalah kata-kata kerja yang perubahan dari verb1 ke verb2 atau ke verb3  tidak dengan menambahkan imbuhan -ed, atau -d. Kata-kata kerja ini berubah secara tidak beraturan. Mengingat jumlah kata kerja sangat banyak dan sebagian besar merupakan regular verbs, maka yang perlu dihafalkan adalah irregular verbs. Bentuk irregular verbs dibagi menjadi tiga kelompok sebagai berikut.
(1)     Kata kerja yang bentuk kedua dan ketiganya tidak berubah dari bentuk pertamanya, misalnya kata bet, bid, cut, dan hurt, bentuk keduanya dan ketiganya juga bet, bid, cut, dan hurt.
(2)     Kata kerja yang bentuk kedua dan ketiganya sama tetapi berbeda dengan bentuk pertamanya, misalnya kata bleed, bentuk kedua dan ketiganya adalah bled, dan kata cling bentuk kedua dan ketiganya adalah clung.
(3)     Kata kerja yang bentuk pertama, bentuk kedua, dan bentuk ketiganya tidak sama. Sebagai contoh misalnya take menjadi bentuk keduanya took dan bentuk ketiganya taken, arise bentuk keduanya arose dan bentuk ketiganya arisen, dan sebagainya.

Contoh perubahan kata kerja jenis ini adalah:
·        Read – Read – Read
membaca
Selain itu, terdapat juga kata kerja yang dapat dikelompokkan menjadi regular verbs sekaligus irregular verbs, misalnya kata kerja awake yang bentuk kedua dan ketiganya bisaawaked atau awoke, kata kerja leap yang bentuk kedua dan ketiganya bisa leaped atau leapt, dan sebagainya.

D.    Usages of verb
Membahas tentang pemakaian kata kerja, tentu saja yang dimaksudkan adalah pemakaiannya dalam kalimat. Dan kalimat dalam bahasa inggris tidak bisa terlepas dari ‘tenses’ yang merupakan perwujudan penggunaan kata kerja berdasarkan keterangan waktu. Menurut pemakaiannya dalam kalimat, kata kerja dibagi dalam 3 golongan yang berbeda yaitu :
1. Infinitive verbs (Kata Kerja Asal/Kata Kerja Bentuk I)
Kata kerja ini baik yang ‘regular/irregular’ maupun yang berupa ‘transitive/intransitive’ digunakan dalam kalimat bentuk kebiasaan (Simple Present Tense).
Contoh :
·        Linda sleep soundly.                  (Irregular/Intransitive)
·        I play a piano well.                    (Regular/Transitive)
·        Rini gives me much money.       (Irregular/Transitive)
·        I work very hard every day       .(Regular/Intransitive)
Verb 1 adalah bentuk dasar dari kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata kerja jenis pertama ini digunakan ketika akan menuliskan kalimat dalam bentuk simple present (tenses yang digunakan untuk menjelaskan kegiatan saat ini). Contoh penggunaannya adalah dalam kalimat berikut:
·        I usually go to school at 6.30 am.
2. Preterite Verbs (Kata Kerja Bentuk II)
Baik yang ‘regular/irregular’ maupun yang ‘transitive/intransitive’, kata kerja bentuk kedua ini secara khusus dipakai dalam kalimat bentuk lampau (Simple Past Tense).
Contoh :
·        My sister went to Jakarta yesterday.     (Irregular/Intransitive)
·        Nia invited me to her party.                   (Regular/Transitive)
·        Rina broke my spectacles.                     (Irregular/Transitive)
·        We arrived at school late.                      (Regular/Intransitive)

Verb bentuk ke 2 digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lampau. Verb ini tidak dapat digunakan dalam bentuk kalimat yang lain. Jadi jika anda akan menuliskan peristiwa yang terjadi di masa lampau, gunakanlah kata kerja bentuk ke 2. Contoh penggunaan dalam kalimat adalah:
·        They visited art museum yesterday.
3. Past Participle (Kata Kerja bentuk III)
Kata kerja ini mempunyai 2 lingkup pemakaian, yakni dalam kalimat bentuk ‘telah’ (Perfect tense) dan juga dalam kalimat pasif (Passive Voice)
Contoh :
·        He has gone home.                                            (Irregular/Intransitive)
·        We have completed our assignment.                 (Regular/Transitive)
·        I am invited to come to her party.                      (Regular/Passive)
·        This poem was written by Rendra.                    (irregular/passive)
Verb bentuk ketiga ini tidak dapat berdiri sendiri seperti dua kata kerja sebelumnya. Kata kerja ini digunakan dalam perfect tense (tenses yang digunakan untuk menjelaskan suatu peristiwa yang telah usai) baik present perfect tense maupun past perfect tense. Contoh penggunaannya dalam kalimat adalah:
·        I have finished my project this afternoon.


                                                                                       



 


BAB III
KESIMPULAN
Kata kerja merupakan jenis kata yang paling penting dalam suatu kalimat. Tanpa kata kerja kita tidak bisa membuat kalimat. Bahkan dalam bahasa lisan, hanya dengan sebuah kata kerja kita sudah bisa mengungkapkan sebuah gagasan yang dapat dimengerti oleh orang lain.






DAFTAR PUSTAKA
o       Imam baehaqi.a hand book English grammar,media ilmu,2009.

o       Ny.D.lasambouw luhukay,Ringkasan bahasa inggris.bandung.

o       Hanandyo darjito,S.Pd.,M.hum,understanding grammar,Yogyakarta,2012.

1 komentar: