Teknologi
berbasis computer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan
menggunakan sumber-suber yang berbasis micro-prosesor.Berbagai aplikasi
teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran ummum nya dikenalsebagai
computer assisted instruction. Aplikasi tersebut apabila dilihat dari cara
penyajian dan tujuan yang ingin dicapai melipiti tutorial,penyajian materi
secara bertahap, drills end practice latihan untuk membantu siswa menguasai
materi yang telah dipelajari sebelumnya, permainan dan simulasi (latihan untuk
mengaplikaskan pengetahuan dan keterampilan yang baru dipelajari dari, dan
basis data (dari berbagai sumber ). Karakteristik media hasil teknologi
yang berdasarkan computer:
·
Dapat digunakan secara acak,
non-sekuensial atau secara linear
·
Dapat digunakan sesuai
keinginan siswa atau perancang
·
gagasan disajikan dalam gaya
abstrak dengan simbol dan grafik
·
Prinsip-prinsip ilmu kognitif
untuk mengembangkan media ini
·
Beroriatasi pada siswa dan
melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi
·
Media hasil gabungan tenologi
cetak dan teknologi computer
Teknologi
gabungan adalah cara unntukmenghasilkan dan menyampaikan materi yang
menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer.
Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random akses memori
yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah
dengan pararel (alat-alat tambahan), seperti: vidio disk player, perangkat
keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem audio.
·
Dapat digunakan sesuai
keinginan siswa, bukan saja dengan direncanakan dan diinginkan oleh
perancangnya
·
Gagasan disajikan secara
realistik sesuai dengan pengalaman siswa, menurut apa yang relefan dengan siswa
dan dibawah pengendalian siswa
·
Prinsip ilmu kognitif dan
konstruktifisme ditetapkan dalampengembangan dan penggunaanpelajaran
·
Pembelajaran ditata dan
terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pengetahuan
itu digunakan
·
Bahan-bahan pelajaran
melibatkan interaktif siswa
·
Bahan-bahan pelajaran
memadukan kata dan visual dari berbagai sumber
Selain pembagian itu ada lagi pembagian media
pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar