1.
Macam-macam Kedudukan Media Pembelajaran
a)
Kedudukan
Media Pembelajaran Berdasarkan Karakteristiknya
Kemajuan di bidang teknologi pendidikan, maupun
teknologi pembelajaran, menuntut digunakannya berbagai media pembelajaran serta
peralatan-peralatan yang semakin canggih. Boleh dikatakan bahwa dunia
pendidikan dewasa ini hidup dalam dunia media, di mana kegiatan pembelajaran
telah bergerak menuju dikuranginya sistem penyampaian bahan pembelajaran secara
konvensional yang lebih mengedepankan metode ceramah, dan diganti dengan sistem
penyampaian bahan pembelajaran modern yang lebih mengedepankan peran siswa dan
pemanfaatan multimedia.
b)
Kedudukan
Media Pembelajaran di Dunia Pendidikan
Belajar melalui stimulus
visual membuahkan hasil belajar yang lebih baik untuk tugas-tugas seperti
mengingat, mengenali, mengingat kembali dan menghubung-hubungkan fakta dan
konsep. Belajar
melalui stimulus verbal membuahkan hasil yang lebih apabila pembelajaran itu
melibatkan ingatan yang berurut-urutan. Belajar dengan menggunakan indera
ganda(pandang dan dengar) akan memberikan keuntungan bagi siswa.
Dengan menggabungkan
beberapa media akan memberikan pengalaman yang mencerminkan suatu pengalaman
belajar dalam kehidupan sehari-hari. Suatu pengalaman belajar akan diperoleh
karena adanya penggabungan aneka media itu-hingga menjadi satu kesatuan kerja
yang meghasilkan suatu informasi yang memiliki nilai komunikasi yang sangat
tinggi; artinya informasi bahkan tidak hanya dilihat sebagai hasil cetakan,
melainkan juga dapat didengar, membentuk simulasi dan animasi yang dapat
membangkitkan minat dan memiliki nilai seni grafis yang tinggi dalam penyajian. (Arief S.
Sadiman, M. Sc. Dkk, 2003: 83)
2. Kedudukan Media dalam Sistem
Pembelajaran
Sistem adalah suatu totalitas yang terdiri dari
sejumlah komponen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu dengan
yang lainnya. Pembelajaran dikatakan sebagai suatu system karena didalamnya
mengandung komponen yang saling
berkaitan untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan, komponen tersebut
meliputi tujuan, materi, metode, dan evaluasi.[1]
[1] https://www.facebook.com/photo.php?fbid=655854037808853&set=a.314207461973514.75401.100001527890378&type=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar