Selasa, 29 April 2014

bahan makalah



Seorang anak wajib mencintai, menghormati dan memelihara orang tua. Walaupun musyrik atau berlainan agama, keduanya berhak diberi kebaikan dan pemeliharaan, bukan menaati dan mengikuti kermusrikan atau agamanya.
Disebutkan berulang-ulang serta banyak sekali wasiat untuk seorang anak agar berbuat baik kepada kedua orang tua di dalam Al-quran dn wasiat Rasulullah shallallahu alaihi wasalam dan tidak di sebutkan wasiat orang tua untuk berbuat baik terhadap anaknya kecuali sedikit.
Kebaikan dan pengorbana orang tua berupa jiwa, raga dan kekuatan yang tidak terhitung tanpa berkeluh kesah dan meminta balasan dari anknya, secara fitrah (naluri sudah cukup sebagai pendorong kedua orang tua untuk bersikap demikian tanpa di tekan dengan wasiat. Adapun anak harus selalu di beri wasiat dan diingat kan agar selalu ingat agar ingat jasa-jasa orang tua yang selama ini selalu mencurahkan jiwa dan raga sertaseluruh hidupnya dalam membesarkan dan mendidiknya. Apa lagi seorang ibu selama mengandung mengalami banyak beban berat sebagaimana firman Allah Ta”ala (ibunya talah mengandung dalam keaaan lemah yang bertambah-tambah), ibu lebih banyak menderita dalam membesarkan dan mengasuh anaknya, dan tidak ada yang bias merasakan penderitaan di saat hamil,kecuali kaum ibu juga.
Dan juga di realisasikan secara singkat berakhlak baik kepada orang tua, dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Memberikan kasih saying dan perhatian.
2.      Bila berbicara dengan perkataan dan sikap yang sopan.
3.      Sikap memandang dengan pandangan yang Ta’zim dan Simpatik
4.      Menjaga ketentraman orang tua.
5.      Merendahkan diri.
Mendoakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar